Sabtu, 13 April 2013

TipsBingung - Merawat Notebook / Netbook agar awet


Tidak susah untuk merawat Notebook, Netbook atau kalian sering menyebutnya Laptop, kecuali jika kalian malas atau tidak sayang dengan laptop kalian. Laptop sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi para pekerja kantoran, para pelajar dan mahasiswa karena gadget ini praktis dan memiliki banyak kegunaan. 


Laptop adalah barang elektronik yang cukup sensitif karena memiliki komponen yang kecil-kecil dan sedikit berbeda dengan komputer PC biasanya, kebanyakan komponen tersebut juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan si laptop itu sendiri. 

Karena hal itu kita harus rajin merawat si Laptop agar tidak keluar masuk tempat service dan menghindari  uang kita lari dari kantong (>_<). Berikut BingungBosan memberikan sedikit tips untuk kalian bagaimana merawat laptop agar bisa awet  dan tahan lama,


  •  Jagalah kebersihan Laptop kalian

Kebersihan sangat penting bagi laptop, luangkan sedikit waktu kalian untuk membersihkan bagian-bagian yang bisa dijangkau pada laptop kalian seperti lcd, keyboard, dengan kain yang lembut dan alat pembersih yang dikhususkan untuk laptop. 


  •  Hindari menggunakan laptop di atas kasur tanpa penyangga

Laptop yang diletakkan diatas kasur tanpa penyangga dapat merusak dan menyebabkan overheat / panas berlebih pada laptop karena permukaan kasur yang tidak rata itu menymbat / menghalangi lubang ventilasi laptop sehingga tidak bisa mengeluarkan panas.


  •  Hati-hati ketika membawa laptop

Gunakanlah selalu pelindung / tas khusus laptop ketika ingin membawa laptop kalian bepergian agar tetap aman.


  •  Pasang Antivirus pada laptop kalian

Untuk menghindari laptop kalian terinfeksi virus sebaiknya pasang antivirus yang cukup ampuh dan rajin rajinlah memperbaruinya, karena jika terinfeksi virus kinerja laptop kalian akan semakin berat dan hal ini tidak baik untuk hardisk kalian.


  •  Rawatlah baterai laptop secara teratur

Jika ingin baterai laptop kalian awet pastikan kalian mengisi baterai tersebut dengan posisi laptop mati / tidak digunakan dan cabut charger baterai tersebut jika baterai sudah penuh, isilah baterai ketika kapasitasnya tinggal sedikit.


  • Gunakan Stabilizer

Stabilizer berguna untuk menjaga laptop kalian agar terhindar dari tidak stabilnya tegangan listrik yang dapat merusak laptop tersebut.


  • Hati-hati ketika mendownload di Internet

Sekarang banyak sekali celah untuk masuknya virus dan malware ke dalam lapotop kalian, sebaiknya kalian hidupkan firewall kalian dan mendownload-lah pada situs yang terpercaya dan pindailah hasil download terlebih dahulu sebelum dibuka.



  •  Jangan memperbaiki dan membongkar sendiri laptop kalian

Jika laptop kalian memiliki masalah jangan sekali-kali membongkar sendiri tanpa memiliki keahlian, karena hal ini sangat berbahaya, sedikit saja anda salah akibatnya bisa sangat fatal. Lebih baik bawalah laptop kalian ke tempat service center resmi terdekat.

Jadi rajin-rajinlah rawat tuh laptop ya, itung-itung balas budi dan "mengawetkan" laptop yang selalu kalian gunakan ya \(^0^)/

diolah dari beberapa sumber*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar