Kamis, 13 Juni 2013

BingungStory - Kata Papa jangan buka Windows (C:)



Komputer sekarang menjadi sebuah kebutuhan dan tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, tanpa komputer sepertinya banyak hal yang tidak bisa dikerjakan, sejak kecil gue udah dikenalin sama yang namanya komputer, mungkin sekitar umur 5 tahun, dan komputer pertama gue adalah PC berwarna putih tulang dan hanya memiliki RAM sebesar 64 Mb, bayangin aja sekarang handphone aja udah dual core dan ramnya guede-gede. Waktu kecil gue hanya mengerti satu hal dari yang namanya komputer ini yaitu untuk main game, kalian masih ingat sama DOOM, Prehistoric, Prince of Persia / gue sering nyebut Aladin, itulah game-game DOS klasik yang dulu gue mainin, rasanya asyik banget kalo mainin tuh game.

Game berjalan dan diletakkan di atas DOS, jadi ketika menyalakan komputer tidak perlu masuk ke operating sistem, jadi langsung masuk untuk memilih untuk game. Mungkin bokap gue ngatur gini biar anaknya gak sembarangan masuk ke operating sistem yang waktu itu masih Windows 95 dan berisi banyak kerjaan kantor. Suatu waktu gue pernah diajarin untuk belajar yang namanya MS Office Word. Yang letaknya di dalam Windows. Gue diajarin untuk mengopersaikan Windows, gue coba-coba masuk explorer dan mengklik folder-folder yang ada di dalamnya, ketika ujung cursors menyentuh Windows (C:) bokap bilangin ke gue “Jangan dibuka, dan diutak-atik tuh foldernya ya, bahaya” katanya. Semenjak itu gue tidak pernah nyentuh apa lagi buka tuh Windows (C:).

Di situlah awal datangnya misteri dan fantasi yang membayangi gue, di pikiranku waktu itu, apalah itu yang ada di dalam Windows (C:), apakah sebuah folder berisi file berbahaya yang dapat menjangkit ke dalam tubuh, virus yang bisa keluar terus menggigit?, atau file yang penuh dengan hantu?, masa bodoh gue lupain semua pikiran itu walaupun masih terbayang-bayang dengan apa yang ada di dalamnya.

Lagi disuapin makan, tiba-tiba ada Windows (C:) terbang di depan muka, lagi main mobil-mobilan, mobilnya berubah jadi Windows (C:), Main game rasanya kepengin masuk ke Windows terus buka itu yang namanya Windows (C:) tapi nggak tau caranya. Pokoknya hal itu membayangiku terus.

Waktu berlalu dan gue beranjak tumbuh, misteri itu pun terjawab dengan sendirinya, dan ternyata di dalam Windows (C:) itu adalah tempat atau drive yang umum untuk menyimpan file-file sistem dari sebuah Wndows dan drive tersebut sangat beresiko jika ada bagian yang terhapus, sistem operasi akan kacau dan bisa rusak, mungkin inilah yang menyebabkan bokap gue ngelarang gue untuk buka yang namanya Windows (C:). Kalo dipikir-pikir lucu juga kalo mikirin kejadian waktu itu, gue bodoh banget ya.

3 komentar:

  1. hahaha game doom. kalau aku main itu bisa pusing, bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, kalo gue dulu pas main sering kaget + ketakutan kalo liat monsternya :D

      Hapus
  2. Windows 95 itu tahun brp ya? pasti udah lama banget yahh...

    BalasHapus